Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha: Biaya Buka Bengkel Motor (Paket Lengkap)

Perkiraan Biaya Buka Bengkel Motor Sebagai Awal Memulai Usaha

Bingung mau buka bengkel harus memulai dari mana? Syarat, Perlengkapan dan peralatan apa saja yang harus di siapkan? Berapa kira-kira dana yang harus dipersiapkan? oke..kita jabarkan satu persatu.

Pada dasarnya bengkel merupakan suatu tempat dimana dilakukan perawatan / pemeliharaan, perbaikan, modifikasi, penjualan sparepart dan sebagainya.

Tips Sukses Buka Bengkel Motor

Pertumbuhan sepeda terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, Hal ini yang menjadi suatu alasan tepat mengapa usaha bengkel motor mendatangkan keuntungan besar.

Karna selain biaya/ jasa bongkar pasang, kita juga mendapatkan laba dari penjualan sparepart dan akesoris lainnya. Berkut tips sukses buka bengkel motor untuk pemula.

1. Tentukan Jenis Bengkel

Bengkel apa yang akan anda buka? apakah bengkel aksesoris, bengkel umum atau bengkel tune-up? Jika membuka bengkel umum berarti hanya melayani servis, perbaikan dan sparepart ringan saja (Bukan original)

2. Lokasi Strategis

Langkah utama adalah tentukan dulu lokasi yang dekat dengan keramaian atau merupakan jalur besar/utama tetapi jauh dari bengkel besar dan umum lainnya.

3. Mekanik Handal dan Ramah

'Pembeli adalah raja'  Kualitas SDM mempengaruhi pertumbuhan usaha. Selain mekanik yang serba bisa, pelayanan ramah juga perlu agar komunikasi terjalin dengan baik dan menambah citra baik bengkel.

4. Kelengkapan Sparepart

Sparepart yang lengkap meliputi alat bongkar pasang (kunci segala jenis dan ukuran) dan juga suku cadang (Busi, baut, kabel-kabel, ring semua ukuran) dan lain-lain agar tidak membuat customer kecewa dengan keterbatasan peralatan dan perlengkapan.

5. Konsistensi

Mau apapun itu bentuk usahanya, konsistensi (sikap menghargai proses) itu di diperlukan. Komitmen awal, ketetapan dan kemantapan dalam usaha harus selalu ditanamkan dalam diri anda.

Harga Peralatan Bengkel

Berikut harga perlengkapan dan perawatan awal buka bengkel yang harus di persiapakan, kami urai dalam bentuk tabel di bawah ini.

Nama & Jumlah Harga (Estimasi)
1 Set Kunci L (Besar dan Kecil) Rp. 100.000
1 Set Kunci T (T8 dan T10) Rp. 150.000
1 Set Kunci Sok Rp. 150.000
1 Set Kunci Pas Rp. 100.000
1 Set Kunci L Bintang Rp. 150.000
1 Set Kunci Ring Rp. 60.000
2 Kunci Inggris (6 inci dan 12 inci) Rp. 100.000
1 Set Obeng Plus dan Minus Rp. 200.000
1 Set Tang Rp. 250.000
1 Palu Karet Rp. 100.000
1 Palu Besi Rp. 50.000
1 Gergaji Besi Rp. 50.000
1 Ragum Rp. 50.000
1 Alat tambal ban press Rp. 30.000
1 Alat tambal ban tubles Rp. 30.000
1 Kompresor udara Rp. 1500.000
Total Peralatan Rp. 3.520.000
Note : Harga tersebut hanya estimasi  / perkiraan saja, dapat berubah sewaktu-waktu dan mungkin berbeda pada setiap kota.

Pelumas dan Suku Cadang

Tidak hanya peralatan seperti kunci-kunci di atas, pelumas dan suku cadang pun harus masuk ke daftar pembelian (anggaran dana) yang perlu dipersiapkan.

Nama & Jenis Harga (Estimasi)
Pelumas (Oli mesin, oli gardan, minyak rem, dll) Rp. 2.500.000
Suku cadang (Busi, baut, kabel-kabel, dll) Rp. 2.000.000
Total Peralatan Rp. 4.500.000

Biaya Sewa Ruko

Lokasi ruko yang strategis (di pinggir jalan) di tahun 2021 ini harganya sudah sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 5 - 10 jt pertahun di kota saya (Kabupaten Wonosobo).

Kami sarankan untuk membuka bengkel motor di desa sendiri saja, supaya bisa menekan biaya sewa ruko tersebut.

Total Biaya Yang Disiapkan

Pada dasarnya biaya buka bengkel tidak dapat ditentukan seketika, menurut kami beli peralatan secukupnya/yang paling utama dulu seperti kunci, alat tambal, kompresor dan sparepart ringan2 saja (yang lain menyusul pelan2).

Dari pernyataan di atas, sebelum kita berniatan membuka bengkel, sebaiknya persiapkan dulu uang sebesar 8 jutaan, namun itu hanya perkiraan / estimasi saja.

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha: Biaya Buka Bengkel Motor (Paket Lengkap)"